1.
Pengertian Corporate Governance Perception Index
(CGPI)
Corporate
Governance Perception Index (CGPI) adalah program riset dan pemeringkatan
penerapan GCG pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. CGPI diikuti oleh
Perusahaan Publik (Emiten), BUMN, Perbankan dan Perusahaan Swasta lainnya.
Program CGPI secara konsisten telah diselenggarakan pada setiap tahunnya sejak
tahun 2001. CGPI diselenggarakan oleh IICG sebagai lembaga swadaya masyarakat
independen bekerjasama dengan Majalah SWA sebagai mitra media publikasi.
Program ini dirancang untuk memicu perusahaan dalam meningkatkan kualitas
penerapan konsep CG melalui perbaikan yang berkesinambungan (continous improvement) dengan
melaksanakan evaluasi dan melakukan studi banding (benchmarking).
Program
CGPI akan memberikan apresiasi dan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan yang
telah menerapkan CG melalui CGPI Awards dan penobatan sebagai Perusahaan
Terpercaya. Penghargaan CGPI Awards dan hasilnya dipaparkan di Majalah SWA
salam Sajian Utama.
2.
Penerapan Pelaksanaan Corporate Governance Perception Index
(CGPI)
IICG
melalui program CGPI membantu perusahaan meninjau ulang pelaksanaan CG yang
telah dilakukannya dan membandingkan pelaksanaannya terhadap
perusahaan-perusahaan lain pada sektor yang sama. Hasil tinjauan dan
perbandingan ini akan memberikan manfaat berikut kepada perusahaan:
·
Perusahaan dapat membenahi
faktor-faktor internal organisasinya yang belum sesuai dan belum mendukung
terwujudnya GCG berdasarkan hasil temuan selama survey CGPI berlangsung.
·
Kepercayaan investor dan publik
meningkat terhadap perusahaan karena adanya hasil publikasi IICG tentang
pelaksanaan konsep CG yang dilakukan perusahaan.
·
Peningkatan kesadaran bersama
di kalangan internal perusahaan dan stakeholders
terhadap pentingnya GCG dan pengelolaan perusahaan kea rah pertumbuhan
yang berkelanjutan.
·
Pemetaan masalah-masalah
strategis yang terjadi di perusahaan dalam penerapan GCG sebagai dasar dalam
pembuatan kebijakan yang diperlukan.
·
CGPI dapat dijadikan sebagai
indikator atau standar mutu yang ingin dicapai perusahaan dalam bentuk
pengakuan dari masyarakat terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG.
·
Perwujudan komitmen dan
tanggungjawab bersama serta upaya yang mendorong seluruh anggota organisasi perusahaan
untuk menerapka
3.
Proses pemeringkatan penerapan GCG dalam CGPI
Pentahapan atau urutan proses
riset dalam pemeringkatan penerapan GCG (untuk kedua pilihan tema) dapat
dijelaskan sebagai berikut:
a. Self-assessment
Pada tahap ini Perusahaan
diminta mengisi kuesioner Self-assessment seputar penerapan konsep CG di
perusahaannya.
b. Pengumpulan Dokumen Perusahaan
Pada tahap ini Perusahaan
diminta untuk mengumpulkan dokumen dan bukti yang mendukung penerapan CG di
perusahaannya. Bagi perusahaan yang telah mengirimkan dokumen terkait pada
penyelenggaraan CGPI tahun sebelumnya boleh memberikan pernyataan konfirmasi
pada dokumen sebelumnya (kecuali jika terjadi perubahan, maka revisi harus dilampirkan)
c.
Penyusunan Makalah dan Presentasi
Pada tahap ini Perusahaan
diminta untuk membuat penjelasan kegiatan perusahaan dalam menerapkan
prinsip-prinsip GCG dalam proses manajemen stratejik selama tahun 2008 dalam
bentuk makalah dengan memperhatikan sistematik penyusunan yang telah
ditentukan.
d. Observasi ke perusahaan
Pada tahap ini tim peneliti
CGPI 2008 akan berkunjung ke lokasi Perusahaan peserta untuk menelaah kepastian
penerapan prinsip-prinsip GCG dan proses manajemen stratejik.
4. Penilaian
CGPI
CGPI akan menilai
faktor-faktor berikut:
1. Komitmen
yang menunjukkan wujud kesungguhan organ perusahaan dalam merumuskan,
mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi sesuai dengan prinsip-prinsip
GCG, dan kesungguhan ini dapat dirasakan serta dapat mendorong anggota
perusahaan untuk ikut melakukannya.
2. Transparansi
yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam menyampaikan berbagai
informasi tentang perusahaan secara tepat waktu dan akurat, termasuk informasi
tentang proses merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi strategi
yang dilakukannya,dan kesungguhan ini dapat dirasakan serta dapat mendorong
anggota perusahaan untuk ikut melakukannya.
3. Akuntabilitas
yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam mempertanggungjawabkan
seluruh proses pencapaian kinerja secara transparan dan wajar, termasuk mempertanggungjawabkan
seluruh proses dalam merumuskan, mengimplementasikan serta mengevaluasi
strategi, dan kesungguhan ini dapat dirasakan serta dapat mendorong anggota
perusahaan untuk ikut melakukannya.
4. Responsibilitas
yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam menjamin terlaksananya
peraturan perundang-undangan dan tanggung jawab terhadap masyarakat dan
lingkungan, termasuk dalam menjamin terlaksananya
proses perumusan, implementasi serta evaluasi strategisecara bertanggung jawab,
dan kesungguhan ini dapat dirasakan
serta dapat mendorong anggota perusahaan untuk ikut melakukannya.
5. Independensi
yang menunujukkan kesungguhan organ perusahaan dalam menjamin tidak adanya
dominasi atau intervensi dari satu partisipan terhadap partisipan lainnya, termasuk
dalam menjamin tidak adanya dominasi dan intervensi dari satu partisipan
manapun dalam proses merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi,
dan kesungguhan ini dapat dirasakan serta dapat mendorong anggota perusahaan
untuk ikut melakukannya.
6. Keadilan
yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam memperhatikan kepentingan
pemegang saham (shareholders) dan pemangku kepentingan lainnya (stakeholder),
termasuk dalam memperhatikan dan mempertimbangkan kepentingan seluruh stakeholder
dalam proses merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi, dan
kesungguhan ini dapat dirasakan serta mendorong anggota perusahaan untuk ikut
melaksanakannya.
7. Kompetensi
yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam menunjukkan kemampuannya untuk
menggunakan otoritasnya sesuai dengan peran dan fungsinya, inovatif dan
kreatif, termasuk menunjukkan kemampuannya untuk merumuskan,
mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi secara tepat, dan kesungguhan ini
dapat dirasakan serta dapat mendorong anggota perusahaan untuk melakukannya
juga.
8. Kepemimpinan
yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam menunjukkan corak
kepemimpinan yang dapat mentransformasikan organisasi kearah yang lebih baik,
termasuk dalam menununjukkan corak kepemimpinan yang dapat membimbing
organisasi untuk merumuskan, mengimplementaskani dan mengevaluasi strategi, dan
kesungguhan ini dapat dirasakan serta dapat mendorong anggota perusahaan untuk
ikut melakukannya.
9. Kemampuan
Bekerjasama yang menunjukkan kesungguhan organisasi perusahaan dalam
menunjukkan kemampuan bekerjasamanya untuk mencapai tujuan bersama secara
bermartabat, termasuk dalam menunjukkan kemampuan bekerjasamanya untuk
merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi, dan kesungguhan ini
dapat dirasakan serta dapat mendorong anggota perusahaan untuk ikut melakukannya.
10. Visi,
Misi dan Tata Nilai yang menunjukkan kesungguhan organisasi perusahaan untuk
memahami pokok-pokok yang terkandung di dalam pernyataan visi, misi dan tata
nilai perusahaan yang akan menjadi panduan bagi perusahaan dalam merumuskan,
mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi yang dilakukannya, dan
kesungguhan ini dapat dirasakan serta dapat mendorong menumbuhkan keinginan
dihati para anggota perusahaan untuk mencapai pokok-pokok tersebut.
11. Moral
dan Etika yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam menerapkan
nilai-nilai moral dan etika dalam setiap proses bisnis sesuai dengan prinsip
GCG, termasuk dalam proses merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi
strategi, dan kesungguhan ini dapat dirasakan serta dapat mendorong anggota
perusahaan untuk ikut melakukannya.
12. Strategi
yang menunjukkan kesungguhan organ perusahaan dalam merumuskan,
mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi sebagai respon terhadap perubahan
agar perusahaan dapat mempertahankan kinerjanya secara berkelanjutan, dan
kesungguhan ini dapat dirasakan serta mendorong anggota perusahaan untuk ikut
melakukannya.
Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.
BalasHapus