Selasa, 01 November 2011

Tanjung Lesung Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Pemerintah akan mengejar target membangun Kawasan Ekonomi Khusus untuk pariwisata di 2011. Salah satu yang terbaru adalah Tanjung Lesung (Pandeglang Banten).
Investasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan wilayah tersebut sebesar Rp 3,8 triliun.Di sana itu investasinya sekitar Rp 3,8 triliun. Apalagi jika nanti didukung dengan pembangunan Jembatan Selat Sunda. Jadi daerah situ bisa berkembang.
Dengan adanya pembangunan kawasan pariwisata di Tanjung Lesung tersebut, nantinya diharapkan investor asing dapat masuk ke wilayah tersebut.
Jadi itu pengembangnya orang dalam (investor lokal) supaya mereka mendorong investor luar negeri untuk masuk ke sana. Wilayah ini kan sifatnya pariwisata jadi diharapkan ada investasi untuk pembangunan hotel dan sebagainya.

Pihak investor juga berharap ada pembangunan jalan tol dari Serang. Meski keterangan terbaru dari Wakil Menteri Pekerjaan Umum menyampaikan pembangunan tol tersebut masih dalam pra studi kelayakan.

Seperti diketahui, pemerintah pada tahun ini menargetkan minimal dua wilayah Kawasan Ekonomi Khusus. Sejauh ini wilayah yang berpotensi adalah Sei Mangkei sebagai kawasan khusus industri hilir sawit dan Tanjung Lesung sebagai kawasan wisata

Jadi dari Pemda maupun badan usaha ada 65 daerah yang mengajukan jadi Kawasan Ekonomi Khusus, dan kita evaluasi itu bersama tim. Dari 65 wilayah tersebut ada 8 yang penuhi kriteria dan anda sudah tahu di 2011 ini kita targetkan minimal dua. Sementara ini Sei Mangkei (KEK industri hilir sawit) dan Tanjung Lesung yang berpotensi menjadi KEK pariwisata di 2011.

Tapi keputusan dua wilayah tersebut masih bersifat sementara, karena memerlukan adanya peraturan pemerintah. Rencananya, pemerintah juga membidik wilayah lain untuk dikembangkan seperti wilayah Mandalika, dan juga Belitung, atau wilayah di Kalimantan. Di situ sudah kita indikasikan dalam MP3EI. Kita lihat memang daerah ini berpotensi.

Di Tanjung Lesung itu berbasis pada kawasan terpadu di areal 1.000 hektar lebih dan kita harapkan bisa membangun kawasan Selatan Banten yang tertinggal dan meningkatkan kesejahteraan di daerah itu.

Sedangkan di daerah yang berpotensial karena sudah ada bandara di sana dan investornya sudah sangat berminat. Di sana investasinya sampai US$ 3 miliar. Itu penting bagi gerbang Timur untuk pelabuhan dan kawasan industri juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar