Selasa, 01 November 2011

Lepas Saham Blok Anaguid, Medco Kantongi US$ 50,5 Juta

PT Medco Energi Tbk (MEDC) melalui anak perusahaannya, Medco Tunisia Holdings Ltd telah menyelesaikan penjualan seluruh saham Medco Tunisia Anaguid Limited (Medco Anaguid) kepada OMW (Tunesien) Production GmbH.

Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham (PJBS) untuk menjual seluruh modal saham yang ditempatkan pada Medco Anaguid bernilai US$ 58 juta.

Penjualan saham Medco Anaguid tidak akan berdampak terhadap profil cadangan atau pendapatan potensial kami. Sebaliknya, hal itu menunjukkan strategi baru yang menekankan fokus dalam pendanaan dan pengembangan wilayah kerja minyak dan gas yang dioperasikan langsung oleh MedcoEnergi.

Nilai penjualan tersebut setelah dikurangi uang muka sebesar 10% dan nilai penyesuaian atas cash call yang diterima pada akhir Oktober 2011, perseroan akan menerima US$ 50,5 juta dari OMW pada 28 Oktober 2011.

Medco Tunisia menandatangani perjanjian jual beli saham Medco Anaguid dengan OMV pada 14 September 2011. Penjualan seluruh saham Medco Anaguid mengakibatkan seluruh 40% participant interest atas Anaguid Exploration Permit dan 20% participating interest atas Durra Concession (Blok Anaguid) yang dipegang oleh Medco Energi di Tunisia beralih ke OMV efektif pada 27 Oktober 2011.

Nilai transaksi tersebut sekitar 7,38% dari jumlah ekuitas perseroan berdasarkan laporan keuangan konsolidasi perseroan untuk periode 31 Desember 2010.

OMV merupakan perusahaan yang tidak memiliki hubungan afiliasi dengan perseroan maupun anggota komisaris, direksi, maka transaksi ini tidak termasuk dalam definisi transaksi afiliasi.

Meskipun DeGolyer McNaughton telah mensertifikasi cadangan kotor dan terduga dari Blok Anaguid sebesar 1,5 MMBOE pada 2010, namun perseroan tidak membukukan cadangan dari Blok Anaguid tersebut.

Maka dari itu, penjualan saham seluruh Medco Anaguid tidak akan memengaruhi jumlah cadangan 2P Medco Energi pada akhir tahun ini.

Penjualan saham Medco Anaguid akan mengakibatkan sedikit penurunan pada ekuitas dan memberikan tambahan kas yang berasal dari divestasi perseroan pada akhir 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar